Beberapa Bahan Makanan Ini Cocok Kalau Dimasak Pepes Lho

Beberapa Bahan Makanan Ini Cocok Kalau Dimasak Pepes Lho

Beberapa Bahan Makanan Ini Cocok Kalau Dimasak Pepes Lho – Pepes atau Pais merupakan suatu cara khas dari Jawa Barat untuk mengolah bahan makanan (biasanya untuk ikan) dengan bantuan daun pisang untuk membungkus ikan beserta bumbunya. Cara membuatnya adalah bumbu dan rempah dihaluskan dan ditambah daun kemangi, tomat, dan cabai dibalur /dibalut bersama ikan mas yang sudah dibersihkan.

Semua lalu dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan 2 buah bambu kecil di setiap ujungnya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas api atau bara api dari arang sampai mengering. Pepes merupakan salah satu olahan khas Indonesia yang eksistensinya sudah tidak diragukan lagi.

Secara umum memang pepes memiliki bungkus yang terbuat dari daun pisang. Biasanya pepes akan dipadukan dengan aneka Login Poker Online rempah dan diolah dengan cara dikukus hingga bumbunya meresap ke dalam. Lalu, apa saja menu yang biasa diolah menjadi pepes?

1. Tahu
5 Bahan Makanan yang Paling Cocok Diolah Menjadi Pepes, Bikin Lapar!

Kamu pasti tahu bahwa pepes tahu merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menikmati menu ini. Tahu yang digunakan adalah jenis tahu putih yang telah dihaluskan. Biasanya akan diberi aneka rempah ataupun rempah merah bila kamu menyukai cita rasa pedas. Teksturnya yang lembut dan bahan-bahan yang digunakan memang membuat menu ini cocok untuk para vegetarian khususnya.

2. Ikan teri
5 Bahan Makanan yang Paling Cocok Diolah Menjadi Pepes, Bikin Lapar!

Jika biasanya ikan teri lebih umum dikonsumsi untuk menu sambal, maka kamu dapat mengolahnya menjadi pepes. Namun, biasanya teri yang digunakan memiliki ukuran yang sedikit lebih besar. Nantinya teri akan dipadukan dengan bumbu yang melimpah sebelum akhirnya dibungkus dengan daun pisang. Teksturnya pun juga akan lebih lembut.

3. Ayam
5 Bahan Makanan yang Paling Cocok Diolah Menjadi Pepes, Bikin Lapar!

Pepes ayam merupakan salah satu yang paling terkenal. Biasanya ayam akan diolah menjadi bumbu kuning dengan sensasi rempah yang sangat terasa. Kamu juga dapat memilih untuk menyajikan ayam yang telah dipotong-potong atau pun ayam suwir. Apalagi bila dipadukan dengan daun kemangi yang akan semakin membuat harum masakan.

4. Ikan
5 Bahan Makanan yang Paling Cocok Diolah Menjadi Pepes, Bikin Lapar!

Menjadi menu yang biasa dibuat di rumah, pepes ikan tentu sudah menjadi menu yang sangat familier. Biasanya jenis ikan yang digunakan adalah ikan mas, ikan kembung, dan ikan bandeng. Aneka rempah yang digunakan akan meresap hingga ke dalam-dalam. Selain itu, teksturnya juga lembut dan lezat.

5. Jamur
5 Bahan Makanan yang Paling Cocok Diolah Menjadi Pepes, Bikin Lapar!

Jamur memiliki tekstur yang kenyal, sekaligus lembut. Biasanya jamur akan disuwir-suwir sebelum nantinya diolah bersama dengan rempah dan dimasukan ke dalam daun pisang. Tentunya ini akan membuat rempah lebih meresap ke dalam jamur.

Pepes adalah teknik memasak yang sangat umum dan dapat dijumpai di hampir semua daerah Indonesia. Tergantung daerah masing-masing, pepes pun punya berbagai nama. Di Tatar Sunda, pepes jamak disebut pais. Di Jawa – dan juga di Palembang – pepes biasa disebut brengkes.

Orang Bali menyebutnya tum – sangat boleh jadi dari kata stoom dalam bahasa Belanda, yang berarti “mengukus”. Di Ranah Minang, pepes dikenal dengan nama palai. Sedangkan orang Tapanuli menyebutnya dengan sebutan pale. Masayarakat Minahasa juga mengenal pepes dengan istilah woku daun.